Semarak Program P5, 150 Orang Siswa SMKN 1 Baso Ikuti Kegiatan ‘Marandang’

Reporter : Susi

Baso (Media Center) – Program Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) di SMKN 1 Baso sudah memasuki tema ke-2 bertajuk kearifan lokal.

Untuk meningkatkan kecintaan akan khasanah budaya dan kuliner tradisi minangkabau, Bidang Kurikulum SMKN 1 Baso memilih tema ‘Marandang’.

Bertempat di Lapangan Upacara SMKN 1 Baso, Senin (12/12/2022), sebanyak 150 peserta didik kelas X dari 20 kelompok kerja mengikuti program ‘Marandang’. Berbagai jenis randang menjadi pilihan siswa, seperti daging, ayam, dan nangka.

Wakil Bidang Kurikulum SMKN 1 Baso, Vivi Andriani S.Pd  mengatakan bahwa pemilihan tema pembuatan randang didasarkan atas fenomena pergeseran trend anak muda di tengah gempuran kuliner-kuliner asing.

“Banyak dari anak-anak kita yang sudah mulai lupa dengan masakan khas tradisi minangkabau. Terlebih lagi gempuran kuliner-kuliner luar negeri, membuat generasi kita bisa saja tidak mengenali lagi kuliner tradisi mereka,” katanya.

Ditambahkan Vivi, pemilihan program ‘marandang’ juga dimaksudkan untuk melestarikan berbagai adat dan tradisi budaya alam minangkabau.

Sementara itu, salah seorang koordinator program P5 Chika Falda Pasaribu, S.S,Gr menjelaskan bahwa persiapan program P5 ‘marandang’ sudah dimulai 1 bulan terakhir dengan mengoptimalkan segenap potensi yang ada pada peserta didik.

“Jadi kegiatan ini bersifat ‘student center’. Segala persiapan hingga pelaksanaan semua dikoordinir oleh siswa, termasuk observasi serta pengadaan alat dan bahan. Alhamdulillah, siswa kita semua bersemangat dalam menyelenggarakan kegiatan ‘marandang’ ini,” tutupnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *